Monday, March 7, 2016

Tugas 3 Bernegosiasi untuk Memecahkan Konflik

Tugas 3 Bernegosiasi untuk Memecahkan Konflik
2.      Bayangkan bahwa kalian adalah pengurus OSIS di sekolah. Kalian telah mengajukan usulan program kepada kepala sekolah untuk mendirikan koperasi sekolah yang dikelola oleh siswa sendiri. Agar pihak sekolah dan pengurus OSIS mempunyai pandangan yang sama, kedua belah pihak perlu bertemu dan melakukan negosiasi. Buatlah teks yang menggambarkan keadaan tersebut!
Ketua Osis                  : Assalamualaikum, Pak
Kepala Sekolah           : Waalaikumsalam, Nak. Ada perlu apa kalian kemari?
Ketua Osis                  : Begini Pak, saya dan pengurus OSISlainnya banyak mendapatkan usulan tentang pengadaan koperasi sekolah yang dikelola sendiri oleh para siswa. Karena itu, kemarin kami telah, mengadakan rapat terbatas. Hasil dari rapat tersebut adalah para pengurus OSIStelah sepakat dan akan mengusulkan hal ini kepada bapak.
Kepala sekolah            : Ooo.. Begitu. Tapi nak, koperasi sekolah sudah ada pegawai yang mengelolanya. jadi, tidak perlu dikelola oleh para siswa.
Ketua OSIS                : Maaf, pak. Tetapi para siswa mengusulkan hal ini atas keinginan mereka untuk bisa belajar berwirausaha dengan cara mengelola koperasi sekolah.
Kepala Sekolah           : Tapi, sekolah telah menggaji pegawai koperasi tersebut. Kemudian jika siswa yang mengelola koperasi tersebut, mereka juga akan sulit membagi waktu belajar di sekolah.
Ketua Osis                  : Kami juga sudah berunding tentang kedua hal tersebut. Keberadaan pegawai koperasi masih diperlukan untuk membantu para siswa dalam mengelola koperasi. Kemudian masalah waktu, kami sepakat jika para siswa hanya akan mengelola koperasi ketika jam istirahat dan pulang sekolah saja.
Kepala sekolah            : kalau begitu, boleh-boleh saja. Bagaimana tentang pembagian piket jaga koperasinya? Apakah kalian sudah mempertimbangkan jika ada beberapa siswa yang mungkin tidak bersedia piket jaga koperasi?
Ketua Osis                  : Belum Pak
Kepala Sekolah           : Segera saja kalian membuat angket setiap kelas. Isinya mengenai ketersediaan siswa dalam mengikuti kegiatan ini. sehingga kalian dapat mendata siapa saja yang akan berpartisipasi dan yang tidak.
Ketua Kelas                : Tetapi Pak. Agar semuanya mendapatkan pengetahuan tentang cara berwirausaha, bukankah sebaiknya semua siswa diwajibkan mengikuti kegiatan ini?
Kepala Sekolah           : o iya benar juga. Kalau begitu segera buat surat edaran untuk semua siswa. Untuk keperluan tanda tangan, saya besok ada di sekolah hanya sampai pukul 9 saja karena ada rapat di kantor diknas yang harus saya ikuti.
Ketua Osis                  : Iya Pak, terima kasih atas waktu dan persetujuan bapak. Kami mohon undur diri, Assalamualaikum.
Kepala Sekolah           : Waalaikumsalam.
Nama: Azka Faradiba Anjani Hulayya (05)




















Tugas 3 Bernegosiasi untuk Memecahkan Konflik
3.      Bayangkan bahwa kalian adalah pengurus OSIS di sekolah. Kalian telah mengajukan usulan program kepada kepala sekolah untuk mendirikan koperasi sekolah yang dikelola oleh siswa sendiri. Agar pihak sekolah dan pengurus OSIS mempunyai pandangan yang sama, kedua belah pihak perlu bertemu dan melakukan negosiasi. Buatlah teks yang menggambarkan keadaan tersebut!
Pada suatu hari ketua OSIS bersama dengan beberapa pengurus OSIS lainnya menemui kepala sekolah dalam rangka mengajukan usulan tentang pengadaan koperasi sekolah yang dikelola sendiri oleh para siswa. Ketua OSIS masuk ke ruang Kepala Sekolah dengan mengucapkan salam. Kepala sekolah menjawab salam Ketua Osis, kemudian bertanya apa keperluan para pengurus OSIS di ruangannya. Ketua OSIS menjawab jika dia dan pengurus OSIS lainnya menerima banyak usulan tentang pengadaan koperasi sekolah yang dikelola oleh para siswa. Ketua OSIS berkata jika kemarin telah diadakan rapat terbatas guna membahas banyaknya usulan tersebut dan hasilnya sudah disepakati bahwa pengurus OSIS akan memberitahukannya kepada Kepala Sekolah. Kepala Sekolah berkata jika Koperasi sekolah itu sudah ada pegawainya jadi tidak perlu dikelola oleh para siswa. Ketua OSIS memohon usulan ini disetujui karena para siswa yang mengusulkan hal ini atas keinginan mereka untuk bisa belajar berwirausaha dengan cara belajar mengelola koperasi sekolah. Kepala sekolah menolak dan berkata bahwa sekolah sudah menggaji pegawai. Kepala sekolah juga berkata jika para siswa mengelola koperasi, maka mereka akan kesulitan membagi waktu. Ketua OSIS berkata jika para pengurus OSIS telah mempertimbangkan hal tersebut. Ia berkata bahwa peran pegawai koperasi masih diperlukan untuk memberikan bimbingan dalam hal berwirausaha dan masalah waktu ia mengusulkan untuk menggunakan waktu istirahat dan pulang sekolah saja sehingga tidak akan mengganggu pelajaran. Kepala sekolah akhirnya setuju tentang semua usulan pengurus OSIS. Kepala sekolah kemudian bertanya apakah sudah dibentuk pembagian piket jaga koperasi dan apakah pengurus  OSIS sudah mempertimbangkan pendapat siswa yang kemungkinan menolak kegiatan ini. ketua OSIS menjawab belum. Kepala sekolah memberikan usulan untuk segera dibuatkan angket guna mengerti apakah semua siswa setuju dan kemudian akan didapatkan data siswa yang bersedia ikut dalam kegiatan ini. ketua OSIS menolak kemudian memberikan usulan agar semua siswa diwajibkan ikut agar semua siswa mendapatkan pengalaman berwirausaha yang sama. Kepala sekolah kemudian menerima usulan tersebut. Kemudian Kepala sekolah meminta segera dibuatkan surat edaran kepada siswa. Masalah keperluan tanda tangan beliau memberitahukan kepada Ketua OSIS bahwa besok beliau hanya akan ada di sekolah sampai pukul 9 karena ada rapat di kantor diknas. Ketua OSIS berterima kasih kepada Kepala sekolah karena usulannya sudah diterima dan sudah meluangkan waktunya. Ketua OSIS kemudian, mohon undur diri sembari mengucapkan salam. Kepala sekolah kemudian menjawab salam tersebut.

Nama: Azka Faradiba Anjani Hulayya (05)

0 comments:

Post a Comment