Monday, March 7, 2016

Tugas 2 Mengubah Teks Laporan Menjadi Teks Prosedur

Tugas 2 Mengubah Teks Laporan Menjadi Teks Prosedur
2.      Susunlah kembali teks itu dengan mengubah nomor-nomor yang menunjukkan langkah-langkah tersebut dengan menyatakannya menjadi lebih ringkas. Pekerjaan kalian berhasil jika isinya tidak berbeda dengan teks semula.
Memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang pentingnya pelestarian binatang langka untuk tetap hidup di habitatnya. Apabila langkah itu dapat dilaksanakan, spesies binatang langka akan dapat diselamatkan.
Mendukung setiap aktivitas pelestarian binatang langka yang dilakukan oleh lembaga pelestarian lingkungan. Membantu kampanye serta memberikan dukungan finansial dan moral merupakan cara mendukung aktivitas ini. Pemerintah dapat melakukan langkah awal dengan selalu mendukung dengan aktif setiap upaya pelestarian binatang langka.
Membuat tempat penangkaran untuk pengembangbiakan hewan-hewan langka yang kemudian akan dilepas ke alam bebas agar hidup secara alamiah. Pemerintah, dalam hal ini Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup terus memperbanyak langkah-langkah ini. pada proses pendidikan pemahaman masyarakat terhadap upaya yang dilakukan oleh pemerintah harus diberikan supaya pelestarian yang dilakukan oleh pemerintah tidak dibarengi dengan sikap masyarakat yang tetap menjadi pemangsa dengan berbagai alasan.
Tidak melakukan pemburuan binatang langka dan melaporkan setiap aktivitas perburuan binatang langka tersebut kepada pihak yang berwajib. Hal itu akan efektif apabila telah muncul kesadaran masyarakat akan manfaat menjaga kelestarian binatang langka untuk berbagai tujuan. Apabila kesadaran masyarakat belum muncul, praktik kongkalikong akan tetap terus terjadi.
Tidak melakukan transaksi terhadap binatang langka. Apabila transaksi tetap terjadi sebaiknya hal itu ditujukan untuk menyelamatkan binatang tersebut dengan menyerahkannya kepada lembaga konservasi binatang langka dan lingkungan hidup selaku pihak yang berkompeten. Keberhasilan langkah ini juga bergantung pada kesadaran masyarakat. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, langkah yang paling utama dan pertama adalah melakukan proses pendidikan kepada masyarakat yang berkesinambungan atau terus menerus.
3.      Masih dengan tema yang sama, yaitu binatang langka, buatlah tulisan yang berisi peristiwa atau keadaan yang menyebabkan binatang tertentu langka. Pada teks yang kalian buat, pada dasarnya kalian hanya menjawab pertanyaan Mengapa binatang dapat punah?

Bagaimana Binatang Dapat Punah?
       Banyak sebab yang dapat dijadikan alasan mengapa beberapa binatang mengalami kepunahan. Beberapa contohnya adalah hilangnya habitat, perburuan binatang yang sudah dilindungi, dan banyaknya jumlah binatang pemangsa dan binatang mangsa yang tidak seimbang.
       Hilangnya habitat merupakan alasan yang paling sering digunakan untuk menjelaskan mengapa spesies binatang tertentu menjadi langka dan hampir punah. Binatang merupakan makhluk yang sangat bergantung pada alam. Mereka membangun sarang dan mendapatkan makanan dari alam. Ketika perusakan terhadap alam terus terjadi seperti penebangan hutan secara liar dan pembukaan lahan untuk pembangunan pemukiman, perkantoran, dan perkantoran oleh manusia mengakibatkan binatang-binatang tidak mempunyai tempat tinggal dan susah untuk mencari makan. Binatang yang tidak bisa dengan cepat menyesuaikan diri akhirnya mati.
Binatang-binatang yang dilindungi biasanya adalah binatang yang populasinya sangat sedikit di dunia. Mereka biasanya sudah kehilangan habitat aslinya. Untuk melindungi populasi mereka agar tidak punah, pemerintah telah melakukan berbagai upaya seperti menangkarkan binatang-binatang tersebut dan memberikan UU perlindungan terhadapnya. Walaupun telah memberikan larangan dan sanksi, beberapa orang yang tidak bertanggung jawab tetap melakukan perburuan sehingga membuat binatang-binatang langka ini menjadi hampir dan bahkan punah.

Punahnya beberapa spesies binatang membuat rantai makanan tidak berjalan secara normal. Apabila binatang predator jumlahnya lebih banyak dibandingkan binatang mangsa maka spesies binatang mangsa akan jauh berkurang sehingga tidak menutup kemungkinan jika binatang yang dimangsa predator akan punah. Tetapi jika jumlah binatang predator dan binatang seimbang, maka keberadaan binatang pemangsa tidak dapat dijadikan alasan terjadi kepunahan beberapa spesies karena sudah menjadi hukum alam jika binatang pemangsa memangsa mangsanya.

0 comments:

Post a Comment